MICROSOFT OFFICE WORD
Microsoft word merupakan program
aplikasi dari microsoft office yang biasa sering dignakan untuk pengolahan
teks,pengolahan dokumen,laporan dan sebagainya.
FUNGSI MICROSOFT WORD
Fungsi utama Microsoft Word adalah mengolah kata, sehingga semua pekerjaan
yang berkaitan dengan pengelolaan kata dapat dikerjakan secara mudah dengan bantuan
program ini. Berikut beberapa fungsi Microsoft Word:
1. Membuat surat menyurat
Fungsi Microsoft Word yang pertama
adalah membuat surat menyurat. Pada awalnya untuk membuat surat, kamu perlu
menulisnya di selembar kerta, atau mengetik dengan menggunakan mesin ketik.
Namun setelah muncul Microsoft Word, untuk membuat sebuah tulisan atau surat
menyurat, kamu akan lebih dimudahkan.
2. Membuat dokumen
3. Membuat dokumen dengan berbagai variasi
Jika dulu untuk membuat sebuah dokumen
hanya bisa menggunakan mesin ketik atau menulisnya, sehingga variasi atau
tampilan dari dokumen tersebut akan biasa saja. Dengan hadirnya Microsoft Word,
kamu bisa membuat dokumen yang lebih menarik.
Seperti mengganti fontnya, membuat
tulisannya menjadi lebih tebal, lebih kecil, atau lebih besar. Banyak sekali
tools yang dapat kamu lakukan menggunakan Microsoft Word. Sehingga membuat
dokumenmu menjadi lebih menarik dan bervariasi lagi.
4. Menambahkan gambar pada dokumen
Ini adalah fungsi Microsoft Word yang
mempermudah kita dalam melakukan menyisipkan gambar pada sebuah dokumen. Jika
dulu, gambar hanya bisa ditempel menggunakan lem, kini gambar bisa langsung
disisipkan ke dokumen tanpa harus menempelkannya dengan lem. Kamu juga bisa
mengatur gambar agar sesuai dengan apa yang kamu inginkan.
5. Membuat table
Fungsi Microsoft Word selanjutnya adalah
membuat tabel. Kini membuat tabel dalam sebuah dokumen tidak perlu lagi harus
menggambar menggunakan penggaris. Salah satu tools yang ada di Microsoft Word
adalah menyisipkan tabel yang dapat kamu ubah-ubah bentuk dan jumlahnya, sangat
membantu bukan.
SURAT BISNIS
surat bisnis terbagi menjadi dua bagian, yaitu formal dan
informal.
1. Formal
Sebagai contoh, saat kamu ingin membuat perjanjian dengan investor, klien, atau perusahaan lain.
Selain itu, surat bisnis formal juga biasanya digunakan saat meminta laporan penjualan atau bahkan menyelesaikan perselisihan.
Jika merujuk kepada hal-hal di atas atau hal yang serupa, sebaiknya kamu harus membuat suratnya dengan formal, mulai dari bahasa, kop surat, dan lain-lain.
2. Informal
Kebalikan dari
surat formal, informal justru adalah jenis surat bisnis yang terlihat kasual
dan tidak terlalu kaku.
Biasanya, jenis surat ini dapat digunakan untuk meminta penilaian
karyawan, ucapan terima kasih, dan lain-lain.
Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan gaya bahasa beserta bagian-bagian
di dalam suratnya.
Bahkan, surat informal juga biasanya dapat dikirimkan melalui email.
BAGIAN YANG HARUS DIMASUKKAN DALAM SURAT BISNIS
1. Kop surat
Kop
surat wajib dimasukkan di dalam bagian surat bisnis. Tujuannya untuk
mengidentifikasi siapa pengirim surat tersebut.
Seperti yang kita ketahui, setiap perusahaan memiliki kop surat yang
berbeda-beda.
Meski demikian, informasi yang tertuang di dalamnya tidak jauh berbeda, seperti
nama perusahaan, alamat email, logo bisnis, nomor kontak, nomor kantor pos, dan
lain-lain.
2. Tanggal
Jangan lupa untuk memasukkan tanggal kamu menuliskan surat
tersebut. Biasanya, tanggal diletakkan di bawah judul, tepatnya di pojok kanan
atas surat.
3. Informasi penerima
Penting untuk mencantumkan informasi penerima dalam surat bisnis.
Pasalnya, jika tidak ada informasinya sama sekali, otomatis surat tersebut
tidak akan terkirim.
4. Salam
Ucapan
salam pada dasarnya dapat dijadikan sebagai pembuka surat.
Kamu bisa menggunakan salam sapaan seperti Dear
Mr/Mrs. (nama penerima) atau menggunakan sapaan lainnya.
5. Body atau isi surat
Dalam surat bisnis, kamu bisa membuat
paragraf dengan membaginya menjadi tiga bagian, yaitu paragraf pembuka, isi,
dan paragraf penutup.
Paragraf pembuka bisa kamu mulai dengan
penjelasan mengenai alasan kamu mengirim surat tersebut.
Lalu, pada bagian isi jelaskan informasi
penunjang, misalnya tempat undangan, tanggal, jam, dan lain-lain.
Kemudian, di paragraf terakhir adalah
bagian penutup. Kamu bisa memberikan kata-kata untuk menunggu pihak dari
penerima dan mengucapkan terima kasih.
6.Tanda tangan
Selain itu, jika membutuhkan catatan khusus, kamu bisa
menambahkan post script atau P.S di bawahnya.
CONTOH SURAT BISNIS
PENGERTIAN LAPORAN BISNIS
– Menurut
Herta A. Murphy : Laporan Bisnis adalah suatu laporan yang memiliki sifat
netral, tidak memihak, memiliki tujuan yang jelas, dan berisi rencana penyajian
fakta kepada seorang atau lebih untuk tujuan bisnis
tertentu.
– Menurut Himstreet : Laporan Bisnis adalah
suatu pesan-pesan objektif yang disusun secara teratur dan digunakan untuk
menyampaikan informasi dari suatu bagian organisasional atau dari satu
institusi atau lembaga kelembaga yang lain guna membantu pengambilan keputusan atau pemecahan masalah.
PENULISAN LAPORAN BISNIS UNTUK PERUSAHAAN
- Untuk memonitor dan mengendalikan operasional perusahaan.
- Untuk membantu mengimplementasikan kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan perusahaan.
- Untuk mendokumentasikan prestasi kerja yang diperlukan baik untuk keperluan internal maupun eksternal.
- Untuk memenuhi persyaratan-persyaratan hukum dan peraturan-peraturan yang berlaku bagi perusahaan.
- Untuk memperoleh sumber perdanaan.
- Untuk menganalisis informasi dan memberikan bimbingan bagi pengambilan keputusan-keputusan atas isu-isu tertentu
PENGGOLONGAN LAPORAN BISNIS
- Menurut fungsinya: suatu laporan dapat dibedakan atas dasar untuk memberi informasi atau untuk analisis.
- Menurut subjeknya: suatu laporan dapat dibedakan berdasarkan departemen laporan itu diperoleh.
- Menurut formalitasnya: suatu laporan dapat dibedakan dari segi formal atau nonformal
- Menurut keasliannya: suatu laporan dapat dibedakan atas dasar otoritas atau sukarela dan juga apakah berasal dari publik atau swasta.
- Menurut frekuensinya: laporan dapat dibedakan atas dasar secara berkala atau khusus.
- Menurut jenisnya: laporan dipengaruhi oleh formalitas dan panjangnya laporan.
- Menurut kegiatan proyek: dalam melaksanakan suatu proyek, terdapat tiga jenis laporan, yaitu laporan pendahuluan, laporan perkembangan, dan laporan akhir
- Menurut pelaksanaan pertemuan: laporan bisnis dapat dibedakan atas agenda, resolusi, notulen, dan laporan pertemuan.
BAGIAN POKOK LAPORAN BISNIS
a. Pendahuluan
- Pemberi kuasa
- layout/ rencana presentasi
- Masalah
- Maksud penulisan
- Ruang lingkup
- Metodologi
- Sumber-sumber primer atau skunder
- Latar belakang
- Definisi istilah
- Keterbatasan
- Rekomendasi
b.Teks
Membahas dan mengembangkan hal-hal penting secara rinci.
Penulisan laporan bisnis yang baik harus mencakup temuan fakta yang penting dan
relevan.
c.Penutup
- Rangkuman
- Kesimpulan
- Rekomendasi
- Rencana tindakan
- Proposisi
PERSIAPAN PENULISAN LAPORAN BISNIS
- Definisikan masalah, tujuan, dan ruang lingkup
- Pertimbangkan siapa yang akan menerima laporan
- Tentukan ide atau gagasan
- Mengumpulkan bahan yang diperlukan
- Menganalisis dan menafsirkan data
- Mengorganisasi data dan mempersiapkan outline akhi
CONTOH SURAT LAPORAN BISNIS
Makasih kak, sangat membantu sekali...
BalasHapus